Calon Sertifikasi Bimbingan Teknis 2023

Bimbingan Teknis Calon Sertifikasi 2023. Berdasarkan Pasal 7 g Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Pemerintah berkewajiban membina dan mengembangkan kompetensi dan keahlian pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut akan menyelenggarakan bimbingan teknis bagi calon peserta sertifikasi pada tahun 2023. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut akan melaksanakan bimbingan teknis bagi peserta prasertifikasi tahun 2023 secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Perpustakaan Universitas Daerah Medan bergerak untuk mewujudkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan pustakawan yang bekerja di Perpustakaan Universitas Daerah Medan sehingga dapat memberikan layanan prima dan memenuhi kebutuhan informasi pembaca dan akademisi. Mengikuti Peserta Sertifikasi Calon Bimtek Tahun 2023 dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut, pustakawan dari berbagai perpustakaan di wilayah Sumut mulai dari perpustakaan umum, universitas, sekolah, dan khusus. Pustakawan Universitas Daerah Medan diwakili oleh Risky Angriawan S.Sos. dan Diky Aditya, S.Sos.


Bimtek Peserta Pra-Akreditasi Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sumut Tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 8 Februari 2023. Bimtek peserta praakreditasi tahun 2023 Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sumut dibuka dengan sambutan oleh Kepala Perpustakaan. Pusat Pengembangan Pustakawan : Dr. Opong Sumiati, M.Si dan Plt. Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut : Dwi Endah Purwanti SS., M.Si.. dokter. Opong Sumiati menyampaikan, pemberlakuan petunjuk teknis calon peserta akreditasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut Tahun 2023 diharapkan dapat menarik minat peserta untuk mengikuti penilaian kompetensi dalam skema akreditasi (cluster). dipilih. Dwi Endah Purwanti SS., M.Si berpesan kepada calon peserta Sertifikasi Bimtek Tahun 2023 dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut agar calon peserta sertifikasi dapat mengikuti kegiatan bimbingan teknis dengan baik agar mempunyai pengetahuan bagaimana mulai dari pendaftaran hingga sertifikasi. telah melakukan. Sertifikasi profesi sebagai pustakawan administrasi penilaian.

Pemateri pertama adalah Dra. Endang Ernawati, M.Lib memaparkan materi tentang sertifikasi profesi perpustakaan Indonesia. Saat menyampaikan materi, beliau menyampaikan ada empat agenda sertifikasi, yaitu regulasi, mengapa sertifikasi diperlukan, perangkat sertifikasi, dan tempat uji kompetensi. Terkait keunggulan sertifikasi kompetensi pustakawan, dikatakannya, perpustakaan memerlukan sertifikasi tersebut untuk memastikan pustakawan yang bekerja di sana merupakan pustakawan yang berkompeten dan dapat membantu pimpinan dalam merekrut dan mengembangkan personel berbasis kompetensi. Beliau juga menyampaikan materi tentang SKKNI atau Standar Kompetensi Nasional Pustakawan yang merupakan formalisasi kompetensi pustakawan yang mencakup beberapa aspek: aspek pengetahuan, keterampilan/keahlian dan sikap kerja yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pustakawan.


Dra. Arifah Sismita, menjadi pembicara selanjutnya yang menyampaikan materi tentang mekanisme pelaksanaan sertifikasi Magister Pustakawan. Hai. Arifah Sismita, Guru Materi ini memberikan penjelasan tentang sistem sertifikasi pustakawan berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No.1. 236 tahun 2019 terdiri dari 116 unit kompetensi dan 14 klaster pilihan. 14. Klaster tersebut antara lain Penyelenggaraan Pengembangan Koleksi, Penyelenggaraan Penilaian Pengembangan Koleksi, Penyelenggaraan Katalogisasi Narasi, Penyelenggaraan Katalogisasi Berbasis Komputer, Penyelenggaraan Katalogisasi Subyek, Pelayanan Perpustakaan Primer, Pelayanan Perpustakaan Anak, Pelayanan Perpustakaan Remaja, Pelayanan Perpustakaan Senior, Pelayanan Perpustakaan bagi Penyandang Disabilitas , Pelayanan khusus perpustakaan, pelayanan perpustakaan masyarakat, pelaksanaan promosi layanan perpustakaan dan terakhir pengembangan literasi informasi.


Kemudian Rangga Agung P, S.SI. Sebagai pemateri akhir, saya memberikan materi simulasi pendaftaran sertifikasi pustakawan. Kepada seluruh peserta Bimtek Calon Sertifikasi Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut Tahun 2023, Rangga Agung P, S.SI. Kami juga memberikan kiat-kiat sukses dalam materi simulasi, antara lain persyaratan dasar yang harus dipenuhi untuk mengikuti sertifikasi, dan pemilihan skema klaster yang sesuai saat pendaftaran agar peserta tidak bingung dengan apa yang diujikan saat uji kompetensi. Selain itu juga terdapat gambaran alur-pelaksanaan pendaftaran bagi pendaftar pemerintah dan non pemerintah, informasi yang dimasukkan peserta pada saat pendaftaran. Semua itu dilakukan di website sertifikasi pustakawan yang disediakan Perpustakaan Nasional.

Tinggalkan Balasan