Koordinasi dan advokasi dengan mitra Jaringan Satu Pencarian Indonesia di Sumatera Utara pada tahun 2023


Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PERPUSNAS) akan menyelenggarakan acara koordinasi dan advokasi di Sumatera Utara dengan mitra Jaringan Satu Pencarian Indonesia pada tahun 2023 dalam upaya meningkatkan jumlah perpustakaan dan repositori digital yang tergabung dalam Jaringan Satu Pencarian Indonesia. . Upaya koordinasi dan advokasi ini akan dimulai pada 23 Mei hingga 25 Mei 2023. Acara koordinasi dan advokasi One Search Network Indonesia Tahun 2023 dilaksanakan di Sumatera Utara di Sudirman Ballroom, Le Polonia Hotel & Convention dan dihadiri oleh Perpustakaan Universitas. Pengelola perpustakaan sekolah, perpustakaan khusus, dinas perpustakaan kabupaten/kota dan forum/asosiasi perpustakaan se-Sumatera Utara. Koordinasi antara Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Sumut dengan Badan Arsip Daerah Pusat (BPAD) Sumut untuk menjaring peserta berjalan sangat sukses. Artinya, sekitar 90 perpustakaan perguruan tinggi di Sumut ikut serta dalam kegiatan ini.

Selain itu, dari perpustakaan sekolah sebanyak 12 orang dan dari perpustakaan kabupaten/kota sebanyak 13 orang. Perpustakaan Universitas Daerah Medan, salah satu perpustakaan perguruan tinggi di Sumut, juga turut serta dalam kegiatan koordinasi dan advokasi dengan mitra Jaringan Satu Penelusuran Indonesia Sumut 2023 yang diwakili oleh staf perpustakaan Risky Angriawan S.Sos. dan Diky Aditya, S.Sos.


Acara hari pertama diawali dengan nyanyian Indonesia Raya dan laporan penyelenggaraan kegiatan oleh Ketua Pengurus Masyarakat. Dilanjutkan dengan diskusi panel pertama mengenai ‘Kebijakan Perpustakaan Nasional pada Jaringan Perpustakaan Digital Nasional’ oleh Kepala Pusat Informasi Data Perpusnas, dan diskusi panel kedua mengenai ‘Kebijakan Daerah untuk Dukungan Nasional’. Diskusi panel ketiga diadakan mengenai ‘Jaringan Perpustakaan Digital (dan pembukaan resmi acara)’ dan ‘Pengenalan OneSearch di Indonesia’ oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Wilayah Sumatera Utara. Beliau adalah pendiri Onesearch di Indonesia. Penyampaian materi kedua yang berlanjut hingga malam hari adalah penyampaian materi dari Dwi Fajar S terkait “Penerbitan Repositori Online”. Seluruh materi disampaikan dengan sukses dan diselingi dengan sesi tanya jawab yang menarik.


Pada acara hari kedua, disampaikan materi ketiga mengenai “Hands-on cara mengaktifkan modul protokol OAI-PMH pada aplikasi repositori yaitu INLISLite, Slims, Eprints, OJS dan Dspace”. Penyampaian materi ketiga dilakukan secara paralel, dibagi dalam ruangan-ruangan berdasarkan kelompok aplikasi yang digunakan pada masing-masing repositori perpustakaan yang berpartisipasi. Narasumber ketiga ini dipandu oleh tim Perpusnas bersama praktisi Dwi Fajar S. Kegiatan ini berlangsung menarik karena penuh dengan praktik langsung dan sesi tanya jawab yang menarik. Dilanjutkan dengan nara sumber keempat terkait “Petunjuk Praktis Cara Pendaftaran Lembaga dan Repositori di Portal Onesearch Indonesia” yang dipandu langsung oleh tim Perpusnas. Acara berlanjut hingga malam hari dengan pendampingan praktikum yang diberikan kepada masing-masing pengelola gudang perpustakaan yang hadir dalam kegiatan tersebut.


Pada hari ketiga, hari terakhir acara koordinasi dan advokasi Jaringan OneSearch Indonesia Tahun 2023 yang dilaksanakan di Sumatera Utara, tim Perpusnas mengadakan kegiatan diskusi dengan peserta yang hadir untuk merangkum data perpustakaan yang belum beroperasi. Saya mengalami kendala saat proses registrasi pengumpulan repositori di Onesearch Indonesia тактичні рукавиці купити. Pengelola repositori di setiap perpustakaan banyak menghadapi kendala terkait data yang terdaftar di jaringan Satu Pencarian Indonesia. Disini masih banyak terjadi duplikasi data dan masih perlu dilakukan pemutakhiran data untuk setiap repositori yang ada di jaringan One Search Indonesia. Pada hari ketiga, tim Perpusnas membagikan angket dan mengevaluasi kegiatan.


Acara diakhiri dengan pembacaan hasil evaluasi kegiatan koordinasi dan advokasi dengan mitra jaringan One Search Indonesia Sumut tahun 2023 serta penyelesaian administrasi oleh tim panitia bersama para peserta. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat terhadap jaringan Indonesia Onesearch serta meningkatkan database dan data dari setiap repositori yang terdaftar pada jaringan Indonesia Onesearch, yang selanjutnya akan didaftarkan pada Indonesia Onesearch. Pengguna yang mengunjungi database Onesearch Indonesia dapat memanfaatkannya dengan baik.

Tinggalkan Balasan