Seminar Nasional Strategi Akreditasi Unggulan Perpustakaan di Era Digital


Seminar Nasional Strategi Akreditasi Perpustakaan Berkualitas di Era Digital dilaksanakan di Perpustakaan UIN Sumut pada Kamis, 20 Juli 2023. Seminar nasional strategi akreditasi perpustakaan berkualitas di era digital diadakan di Hotel Madani Medan. Seminar nasional Strategi Akreditasi Unggul Perpustakaan di Era Digital menarik 50 peserta dari berbagai perpustakaan perguruan tinggi di Sumatera Utara. Perpustakaan Universitas Daerah Medan juga menghadiri seminar nasional Strategi Akreditasi Perpustakaan yang Baik di Era Digital yang diwakili oleh staf perpustakaan Risky Angriawan S.Sos. dan Diky Aditya, S.Sos. Seminar nasional strategi akreditasi perpustakaan yang baik di era digital ini dimoderatori oleh moderator Abdi Mubarok Syam M.Hum. Materi Seminar Nasional Strategi Akreditasi Perpustakaan Unggul di Era Digital disampaikan oleh Resource Officer Bapak Syarif Hidayatullah, Direktur Perpustakaan UIN Jakarta. Disampaikan oleh Dr.Agus Rifai.

Berbicara pada Seminar Nasional Strategi Akreditasi Perpustakaan Unggul di Era Digital, Dr. Agus Rifai menyampaikan bahwa standar mutu adalah seperangkat aturan, ketentuan atau persyaratan yang ditentukan dengan memperhatikan pengertian istilah. Klasifikasi komponen; spesifikasi material, kinerja atau operasional; uraian prosedur; atau pengukuran kuantitas dan kualitas yang menggambarkan bahan, produk, sistem, layanan, atau praktik. Sesuai nomor PP. Per 24 Februari 2014, perpustakaan perguruan tinggi merupakan perpustakaan yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta berfungsi sebagai pusat sumber belajar yang menunjang tercapainya tujuan pendidikan berbasis pendidikan tinggi. Selain itu, narasumber juga mengkomunikasikan kebijakan yang diterapkan dalam akreditasi perpustakaan perguruan tinggi.

Dr Agus Rifai juga menyampaikan beberapa strategi untuk mencapai akreditasi perpustakaan unggul di era digital. Artinya untuk mencapai akreditasi, perpustakaan akademik harus memenuhi Standar Perpustakaan Nasional (SNP). Untuk perpustakaan perguruan tinggi, hal ini berdasarkan Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 13 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Standar perpustakaan diperlukan untuk meningkatkan (1) nilai, (2) dampak, dan (3) layanan perpustakaan. Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 13 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi mencakup enam aspek yaitu koleksi, prasarana, pelayanan, tenaga perpustakaan, administrasi dan manajemen. Petugas narasumber juga mengkomunikasikan strategi yang harus dicapai untuk memenuhi sembilan komponen akreditasi perpustakaan perguruan tinggi.

Tinggalkan Balasan