Warga Rohingya terdampar di pantai dengan mengenakan tas UNHCR


Sebuah video yang memperlihatkan warga Rohingya terdampar di pesisir pantai tengah menyedot perhatian. Namun lokasi pantai tersebut masih belum diketahui. Namun yang menimbulkan kontroversi adalah warga Rohingya tersebut membawa tas yang bertuliskan nama UNHCR. Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) adalah organisasi internasional yang disponsori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). UNHCR juga dikenal sebagai Badan Pengungsi PBB.

Akun rakah_aceh memberi caption pada video tersebut: ‘Persiapan besar untuk isolasi orang Rohingya yang disponsori UNHCR.’ Dalam video tersebut, ‘Tas Rohingya memiliki logo UNHCR’ Menanggapi hal tersebut, Kapolri Ristio Sijit Prabowo mengatakan banyak warga Rohingya yang transit hanya di Indonesia dan akan terus melakukan perjalanan ke negara tujuan. “Sebelumnya ada kesepakatan bahwa pengungsi yang masuk ke negara transit dan menuju negara tujuan harus diterima, mau tidak mau. Tapi kami bekerja sama dengan UNHCR,” kata Sigit dari Mabes Polri. Jakarta Selatan, Selasa (5 Desember 2023).

“Kami sudah siapkan berapa lama waktu yang dibutuhkan di negara transit dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai di negara tujuan,” lanjutnya. Meski demikian, jenderal bintang empat itu ingin tetap menghormati dan menjunjung tinggi seluruh hak asasi manusia (HAM). Selain itu, mereka adalah orang-orang yang membutuhkan bantuan. “Tentu yang terpenting kita harus menghormati dan menghargai hak asasi warga negara lain yang masih sangat membutuhkan bantuan kita,” ujarnya. “Kalau begitu menurut saya tidak masalah kalau kita di Indonesia. Tugas kita membantu dan bekerja sama dengan organisasi internasional,” tutupnya.

Jokowi Perintahkan Mahfud Md Selesaikan Masalah Pengungsi Rohingya di Aceh

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat suara terhadap pengungsi Rohingya yang masuk ke wilayah Indonesia. Dalam hal ini, Joko Widodo mengaku telah menginstruksikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. “Iya, saya sudah perintahkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Md Mahfud) untuk menangani masalah ini bersama kawasan bersama UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees),” kata Jokowi saat ditemui di TNI AU. Halim Perdanakusuma. Pangkalan, Jakarta Timur, Senin (12 April 2023).

Seperti diberitakan, 139 pengungsi Rohingya mendarat kembali di Pantai Tapak Gaza di Sabang, Provinsi Aceh pada Sabtu, 2 Desember 2023. Bulan lalu, hampir 1.000 orang Rohingya tiba di Indonesia.

Kini sikap masyarakat Aceh telah berubah. Mereka mulai menolak pengungsi Rohingya memasuki wilayah mereka.

Hingga akhir November 2023, sebanyak 1.084 warga Rohingya telah mendarat di Aceh menggunakan enam perahu kayu. Pantai Pidie, Bireuen, Aceh Timur dan Sabang menjadi tempat mereka beristirahat.

Tinggalkan Balasan